Sabet 4 Emas & 5 Perak di KEJURNAS TBI Piala MENPORA, Sumbangsih Awal Muaythai Klaten


Klaten – Muaythai Indonesia (MI) Cabang Klaten, mengikuti Kejuaraan Nasional ( KEJURNAS ) TBI yang diselenggarakan di Wonogiri, 8-10 September 2023. Tak tanggung-tanggung, 4 medali emas dan 5 medali perak direngkuh para atlet dari MI Klaten.

Event skala nasional bertajuk KEJURNAS Piala MENPORA diikuti oleh 257 peserta diikuti dari berbagai daerah, terdapat 8 kelas, baik dari Pra Usia Dini hingga kelas Senior.

Jasmine Eka selaku Ketua MI Klaten sekaligus menjadi Pelatih di sasana Zero Camp serta Septian Krisna sebagai pelatih, turut bangga karena seluruh atlet yang diterjunkan memperoleh medali.

“Dari 9 atlet yang kita ikutkan, alhamdulillah semua memperoleh medali yaitu 4 emas dan 5 perak. Terlebih lagi untuk para atlet yang memperoleh emas, lawannya semua Knock Out ( KO ) di ronde pertama. Untuk yang memperoleh perak, nanti kami upayakan untuk meningkat menjadi emas,” buka Jasmine.

Perlu diketahui bahwa Muaythai Indonesia (MI) Klaten merupakan cabang olahraga terbaru yang masuk kedalam keluarga KONI Kabupaten Klaten yakni menjadi anggota ke 46.

“Ini adalah event pertama mereka, dan langsung skala nasional dalam arti lawannya meliputi beberapa provinsi di Indonesia tapi atlet kita bisa membuktikan bahwa mereka juga tidak kalah dengan atlet-atlet senior yang sudah banyak jam terbangnya, dibuktikan dengan kita membawa pulang 4 emas dan 5 perak,” imbuhnya.

Agenda dari MI Klaten sendiri termasuk padat , akan ada event mendatang adalah Festival Muathai Indonesia yang akan diselenggarakan di Jepara pada November 2023 oleh PENGPROV MI Jawa Tengah. Lalu persiapan Pra-PORPROV 2025 dan puncaknya pada PORPROV 2026.

“Kami berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk Klaten dengan beberapa program latihan, baik itu latihan teknik maupun latihan fisik . Selain itu kita juga memiliki program latihan seperti endurance strength, conditioning dan sparring.
Dan untuk latihan fisik kita lakukan seminggu sekali diluar camp agar stamina atlit tetap terjaga saat diatas ring. Untuk target Pra PORPROV nanti kita upayakan 2 atau 3 perak dan mungkin 2 perunggu,” tambahnya.

“Dan adalagi satu penghargaan dari sekolah tempat atlet mendulang ilmu, yakni SMK Muhammadiyah 3 memberikan gratis SPP selama 1 tahun atasnama Iqbal. Itu merupakan dukungan dan perhatian dari sekolah untuk muridnya yang berprestasi non akademik”, tutup Jasmine.

Berikut daftar lengkap perolehan medali dari Muaythai Klaten :

Emas:
1. Allisteyr Iqbal W, junior -66 putra
2. Faisal Nurohman, senior -48 putra
3. Diaz Faiz Syauqi, senior -66 putra
4. Muhammad Ridwan Arrifai, senior -81 putra

Perak :
1. Luwiz Alyka Ramadhani, junior -47 putri
2. Aldava Bima Dewangga, senior -63 putra
3. Abimanyu Lalang Buwana, senior -60 putra
4. S’bastian Alfa Omega, senior -51 putra
5. Toni Ramadhan, senior -63 putra