Atlet Hapkido Klaten Bawa Pulang 2 Medali Perunggu PON XXI


KLATEN – Atlet hapkido Klaten berhasil membawa pulang 2 medali perunggu dari ajang PON XXI 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara, 8-20 September 2024.

Kabupaten Klaten mengirimkan 3 atlet hapkido terbaiknya yang tergabung dalam kontingen Provinsi Jawa Tengah.

Mereka adalah Revaldo Andhika Pratama, Muhatha Hibbanu Mahdy dan Andriansyah Agus Saputra. Semuanya berlaga di nomor hosinsul. Hapkido merupakan seni beladiri asal Korea.

”Wakil dari klaten mendapat 2 perunggu dari nomor Hosinsul Putra dan Hosinsul Freestyle. Hosinsul merupakan seni jurus berpasangan,” kata Ketua Hapkido Indonesia Klaten, Budi Wahyono.

Revaldo Andhika Pratama dan Muhatha Hibbanu Mahdy meraih perunggu di nomor hosindul putra, sedangkan Andriansyah Agus Saputra meraih perunggu di nomor hosinsul freestyle bersama atlet Jateng lain, Jefri Antoni Handoko.

Pada nomor hosinsul, atlet dari semua provinsi peserta bertanding, dan diambil nilai tertingginya sebagai juara.

”Sekali main saja, sehingga itu sudah final hasilnya. Gak bisa kita memperbaiki kesalahan kita lagi. Sekali main harus sempurna, itu berlaku untuk semua cabang seni,” kata Budi Wahyono.

Klu Dariyun atau fighting, peserta bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan lawan-lawan di arena, sehingga bisa menyesuaikan diri utk meraih prestasi.

Menurutnya, di arena semua butuh jam terbang untuk menempa mental. Tanpa mental yang kuat, maka latihan yang dijalani akan sia-sia di arena.

”Semua akan blank semua. Maka pengurus butuh event kejuaraan yang sering diadakan untuk mempersiapkan mental atlet,” ujar dia.(*)