Gateball, Olahraga yang Mulai Dilirik di Klaten


Klaten – Gateball yang dicetuskan pertama kali oleh Eiji Suzuki di Hokkaido Jepang pada tahun 1947, merupakan hasil modifikasi terhadap permainan Croquet yang berasal dari benua Eropa, sebagian informasi menyebutkan berasal dari Perancis, namun sebagian lainnya menyebutkan berasal dari Inggris.

Pada masa itu industri karet Jepang mengalami penurunan produksi yang sangat parah, sehingga masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan dasar utama untuk kebutuhan berbagai peralatan permainan olahraga terutama untuk membuat bola.

Suzuki yang saat itu bekerja pada industri perkayuan di utara pulau Hokkaido, menyadari bahwa melimpahnya pasokan kayu dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi kekurangan karet dan kayu dapat digunakan untuk membuat peralatan permainan crocquet yang mulai dikenal di Jepang yaitu untuk membuat bola dan palu dari bahan dasar kayu.

Dalam ketekunannya, Suzuki memodifikasi aturan permainan crocquet dan menciptakan permainan baru yang dinamakan gateball (Jepang: , geeto booru) sebagai permainan bagi para kaum muda.

Gateball mulai populer pada akhir tahun 1950-an, berkat jasa seorang instruktur pendidikan jasmani yang memperkenalkan gateball kepada kaum perempuan dan kelompok-kelompok masyarakat Kumamoto City yang telah lanjut usia.

Gateball masuk ke Indonesia melalui Pulau Bali sekitar tahun 1994. Selanjutnya peminat permainan gateball menyebar secara perlahan ke berbagai kota di Indonesia mulai dari wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi, Yogyakarta, Banten, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jambi, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Jawa Tengah. (sumber : http://103.12.84.213/ Sejarah Gateball)

PERGATSI Klaten dalam Surat Keputusan (SK) nomor : 005/PERGATSI JATENG/IV/2022 tentang Susunan Pengurus Kabupaten tertanggal 28 Januari 2022 dalam Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) PERGATSI pada 3 Pebruari 2021, menetapkan Maryanto sebagai Ketua Umum PERGATSI Klaten.

Untuk susunan kepengurusan PERGATSI Klaten masa bakti 2022-2024 :

Ketua Umum : Maryanto

Wakil Ketua Umum : Tariyo

Sekretaris : Wahyudi

Wakil Sekretaris : Afifah Nur Kumala Dewi

Bendahara : Wasiyanto

Wakil Bendahara : Vina Rosita Putri

Bidang Organisasi : Darmani, Nurdiana dan Iwan Himawan

Bidang BINPRES : Saliman, Wasiyanto dan Subarjo

Bidang Umum dan Dana : Sumarno,Wahyudi dam Verova Bramantya Yogi Pratama

Lokasi latihan Gateball Klaten berada di Kompleks Candi Prambanan, dan untuk total atletnya berjumlah sebanyak 18 orang dari berbagai golongan umur.