Pordasi Klaten Gelar Kejuaraan Berkuda Antar Pelajar

Ketua Umum KONI Klaten Parwanto menyerahkan hadiah kepada pemenang tunggang serasi kategori SD.


KLATEN – Pertama kalinya, Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Klaten mengadakan Kejuaraan Berkuda Antar Pelajar se-Kabupaten Klaten, Minggu (10/12/2023).

Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Klaten Titin Windiyarsih, Kabid Olahraga Disbudporapar Klaten Isnanto Hadi, dan Ketua Umum KONI Kabupaten Klaten Parwanto.

Kejuaraan kali ini, hanya mempertandingan satu nomor yakni nomor tunggang serasi atau dressage. Acara berlangsung di de Christo Equine Park, Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten.

Ketua Pordasi Klaten, drh. Agung Dwi Riyanto mengatakan, kejuaraan antar pelajar itu merupakan event pertama yang diselenggarakan Pordasi Kabupaten Klaten. Tujuannya untuk mengukur hasil latihan.

‘’Kejuaraan Berkuda antar pelajar ini bertujuan mengukur hasil latihan dan untuk memacu semangat atlet dalam berlatih agar ke depan lebih berprestasi,’’ kata Agung Dwi Riyanta.

Agung Sulistomo pengurus Pordasi menambahkan, kejuaraan itu diikuti 7 peserta SD dan 2 peserta SMP. Beberapa peserta membawa kuda sendiri, ada pula yang menggunakan kuda milik de Christo.

”Setiap peserta diberikan kesempatan tampil mengendarai kudanya berkeliling lapangan, kemudian dinilai oleh dewan juri. Ada beberapa kriteria penilaian,” kata Agung Sulistomo.

Hasilnya, Juara 1 kategori SD diraih Sheeva Aisya El Yahya siswa SD Muhammadiyah Klaten Utara dengan nilai 67,992. Dia menunggangi kuda Sophia dengan luwes.

Juara 2 diraih Feyza Yasira Rasyuqa yang menunggangi kuda Queen. Siswa SDIT Aisyiyah Fullday Pandes Wedi itu mendapatkan nilai 66,944.

Sedangkan Juara 3 jatuh ke tangan Afika Naufalyn Mariza siswa SDIT Al Hasna Kebonarum, Klaten yang menunggangi kuda Pocahontas dan meraih nilai 63,333.

Sedangkan untuk kategori SMP, juara 1 diraih Jemima Annabella Christian siswa SMP Putra Bangsa yang menunggangi kuda Busur dengan raihan nilai 72,222.

Ada pun Juara 2 berhasil diraih Edeva Dhaneswara Mutiara Data siswa SMP Putra Bangsa yang menunggangi kuda Bintang. Dia berhasil meraih nilai 71,667.

Kepala Dinas Pendidikan Klaten Titin Windiyarsih dan Ketua Umum KONI Klaten Parwanto mengapresiasi kejuaraan antar pelajar tersebut.

Menurut mereka, kejuaraan bisa meningkatkan semangat berlatih dan memunculkan atlet-atlet muda berbakat. KONI berharap, kejuaraan itu akan menjadi agenda rutin Pordasi Klaten.

Kabid Olahraga Disbudporapar Klaten Isnanto Hadi menambahkan, olahraga berkuda memang tidak begitu banyak yang menggeluti karena tergolong olahraga mahal.

”Saya mengapresiasi para atlet dan orang tua yang telah mendukung putra putrinya menekuni olahraga berkuda. Semoga ke depan muncul atlet yang berprestasi di berbagai kejuaraan,” ujar dia.(*)

mobile-navmobile-navmobile-navmobile-nav