KONI Klaten Gelar Rapat Kerja Tahunan


KLATEN – KONI Kabupaten Klaten mengadakan rapat kerja kabupaten (rakerkab) tahun 2023 di Gedung Saroga KONI Klaten, Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Sabtu (27/1/2024).

Acara dibuka Kabid Olahraga Disbudporapar Klaten, Isnanto Hadi mewakili Bupati Klaten. Tampak hadir Kepala Bidang Hukum Olahraga KONI Provinsi Jawa Tengah M. Ali Purnomo, dan Dewan Penasehat KONI Klaten.

Kegiatan dihadiri segenap pengurus KONI Klaten dan perwakilan dari 44 cabang olahraga anggota KONI Klaten. Rakerkab diawali dengan laporkan Ketua Panitia Suyanto, dan sambutan dari KONI Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu, M. Ali Purnomo memberikan apresiasi kepada KONI Klaten yang telah menyelenggarakan Rakerkab.

Diharapkan, rakerkab KONI Klaten bisa menghasilkan rekomendasi program kerja tahun 2024 yang bisa meningkatkan prestasi olahraga Klaten di Porprov 2026.

‘’Parameter suksesnya pembinaan olahraga yang dilakukan KONI kabupaten/kota adalah prestasi di Porprov, sedangkan parameter suksesnya KONI Provinsi adalah prestasi di PON,’’ tegas dia.

Dia menyinggung penurunan prestasi pada Porprov XVI 2023 di Pati Raya. Saat itu, Klaten meraih 12 emas, 18 perak dan 27 perunggu, berada di urutan 20 dari 35 kabupaten/kota.

Pada proprov sebelumnya, yakni Porprov XV 2018 di Solo Raya, Klaten meraih 17 emas, 18 perak dan 22 perunggu berada di peringkat 12.

‘’Coba disandingkan anggaran 2018 dan 2023, mungkin bisa dijadikan alasan karena jer basuki mowo bea. Terima kasih, atas partisipasi KONI Klaten pada Porprov 2023. Setuju sekali dengan tema Rakerkab, yakni semangat meraih prestasi,’’ ujar Ali Purnomo.

Pada Rakerkab tahun 2023 yang digelar awal tahun 2024 ini, Ketua Umum KONI Klaten Parwanto melaporkan pelaksanaan kegiatan sepanjang tahun 2023 dan laporan keuangan.

Diakuinya ada penurunan prestasi di Porprov 2023, karenanya KONI Klaten menetapkan program kerja untuk peningkatan prestasi di Porprov XVII Tahun 2026.

‘’Persiapan menghadapi Porprov 2026 akan dilakukan sejak sekarang, melakukan tes kebugaran, peningkatan kapasitas pelatih dan pendampingan cabor oleh pengurus KONI,’’ ujar Parwanto.

Selanjutnya, panitia SC memimpin jalannya sidang, mulai dari persetujuan tata tertib, persetujuan laporan pertanggungjawaban Ketua KONI Klaten, hingga pembahasan program kerja yang akan dilaksanakan tahun 2024.(*)

mobile-navmobile-navmobile-navmobile-nav