KONI Klaten Gelar Pembekalan Pelatih Cabor


KLATEN – Untuk peningkatan kapasitas pelatih, KONI Kabupaten Klaten kembali mengadakan Pembekalan Pelatih Cabang Olahraga di Prambanan Ballroom Grand Tjokro Hotel Klaten, Sabtu 9 Desember 2023.

Acara itu dibuka oleh Ketua Umum KONI Klaten Parwanto, dengan dihadiri perwakilan cabang olahraga anggota KONI Klaten. Masing-masing cabor diminta mengirimkan dua pelatih.

Menurut Parwanto, pembekalan pelatih itu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pelatih dalam membina atletnya. Dengan begitu, pelatih mampu membuat rencana latihan yang tepat sesuai kebutuhan atlet binaannya.

‘’Pembekalan pelatih dilakukan sebagai salah satu upaya persiapan untuk menghadapi Porprov 2026. Ini sangat penting agar pelatih mempu membuat program latihan yang tepat,’’ kata Parwanto.

Pelatih mempunyai peran sangat penting untuk mencetak atlet berprestasi, sehingga sangat penting untuk ilmu yang cukup. Ke depan diharapkan mereka bisa menyusun program latihan yang baik.

Sebagai bagian persiapan menghadapi Porprov 2026, KONI Klaten juga sudah menyelenggarakan pelatihan pelatih fitness bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

”Setelah pelatihan pelatih fitness, kali ini menggelar pembekalan pelatih dan dalam waktu dekat akan mengadakan tes kebugaran,’’ ujar Parwanto.

Pembekalan pelatih menghadirkan tiga orang pembicara dari kalangan akademisi yang telah berpengalaman dan merupakan praktisi olahraga.

Cukup Pahalawidi, M.Or menyajikan materi ‘’Manajemen Olahraga Prestasi’’, Dr. Devi Tirtawirya, M.Or. mengulas materi ‘’Melatih Kondisi Fisik’’, sedangkan Dr. Budi Aryanto, M.Pd. memaparkan materi ‘’Program Perencanaan Pelatihan.’’

Koordinator panitia, Tri Basuki mengatakan, setiap cabang olahraga mengirimkan dua pelatih. Namun ada 7 cabang olahraga yang tidak hadir dalam acara itu.

‘’Ada 70-an peserta yang mengikuti acara. Kali ini, ada tujuh cabor yang tidak hadir yakni bulutangkis, catur, golf, pencak silat, taekwondo, biliar dan muaythai,’’ kata Tri Basuki.

Dari data panitia, ada tujuh cabor yang hanya mengirimkan 1 pelatih yakni balap motor, drumband, senam, woodball, sambo, berkuda dan hapkido.(*)

mobile-navmobile-navmobile-navmobile-nav