Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022 Malaysia, Mustakim Tampil Sebagai yang Terbaik


Klaten – Tim pencak silat Indonesia berhasil tampil sebagai juara umum pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat yang berlangsung di Malaysia, 25-31 Juli 2022.

Kabar menggembirakan itu disampaikan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Klaten, Much Nasir kepada suaramerdeka-solo.com, Senin (1/8/2022) pagi.

‘’Alhamdulillah, tim Pencak Silat Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Malaysia. Indonesia berhasil meraih 11 medali emas, 9 perak dan 8 perunggu,’’ kata Much Nasir.

Tak tak kalah membanggakan, Khoirudin Mustakim atlet asal Desa Jurang Kajong, Desa Karangpakel, Kecamatan Trucuk, Klaten berhasil meraih medali emas kelas A putra. Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) itu sekaligus dinobatkan sebagai pesilat terbaik putra.

‘’Indonesia Juara Umum dan pesilat terbaik putra dari Klaten. Khoirudin Mustakim dinobatkan menjadi pesilat terbaik karena berhasil meraih juara, sportif, pelanggaran kecil dan tehniknya baik,’’ kata Much Nasir.

Sementara itu, pada kejuaraan pencak silat di Malaysia, ada 13 negara yang berhasil membawa pulang medali.

Urutan di bawah Indonesia yang dikomandani pelatih kepala Indro Catur Haryono di posisi teratas, adalah tuan rumah Malaysia dengan 7 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Dan di posisi ketiga Vietnam dengan 6 emas, 4 perak dan 11 perunggu.

Berikut Klasemen Perolehan Medali Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022 di Malaysia:

1. Indonesia 11 Emas, 9 Perak, 8 Perunggu
2. Malaysia 7 Emas, 7 Perak, 9 Perunggu
3. Vietnam 6 Emas, 4 Perak, 11 Perunggu
5. Thailand 4 Emas, 3 Perak, 7 Perunggu
6. Filipina 1 perak, 6 perunggu
7. India 7 Perunggu
8. Brunei 2 Perunggu
9. Laos 1 Perunggu
10. Algeria 2 Perunggu
11. USA 1 Perunggu
12. Uzbekistan 2 Perunggu
13. Netherland 1 Perunggu*