Aklamasi, Parwanto Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Klaten

Pimpinan Sidang Musorkab Tarmuji menyerahkan berita acara hasil Musorkab kepada Ketua Umum KONI Klaten terpilih Parwanto.


KLATEN – Ketua Umum KONI Klaten periode 2019-2023 Parwanto kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Klaten periode 2023-2027.

Parwanto terpilih pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Klaten yang dibuka Kepala Disbudporapar Klaten Sri Nugroho mewakili Bupati Klaten di Gedung Saroga KONI, Sabtu 24 Juni 2023.

Pemilihan disaksikan langsung oleh Wakil Ketua I KONI Jateng Bidang Organisasi Uen Hartiwan dan Wakil Ketua II Bidang Organisasi S. Ismu Puruhito, serta Dewan kehotmatan KONI Klaten Otto Saksono dan Djoko Sutrisno.

Sri Nugroho menyampaikan bahwa, Bupati berharap agar KONI Kabupaten Klaten akan mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi yang berjiwa Pancasila. Setelah Musorkab berhasil memilih ketua baru, maka Ketua KONI terpilih harus segera menyusun pengurus baru dan program kerja.

‘’Pelaksanaan Musorkab KONI Klaten tidak hanya diselenggarakan untuk kepentingan organisasi. Siapa pun yang terpilih agar dapat membawa KONI lebih baik, mencetak atlet berprestasi serta memajukan olahraga di Klaten,’’ ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua II Bidang Organisasi KONI Jateng Uen Hartiwan mengatakan, semua tahapan Musorkab harus dilaksanakan dengan baik, agar jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan terjadi kemudian.

‘’Karena dalam Musorkab ini calonnya tunggal, maka bisa terpilih secara aklamasi. Nantinya, Tim formatur yang ditunjuk akan segera menyusun kepengurusan. Lebih cepat terbentuk, lebih cepat dilantik,’’ kata Uen Hartiwan.

Dia pun menyampaikan harapnya agar Ketua Umum KONI Klaten terpilih bisa membawa KONI Kabupaten Klaten agar maju dan berkembang, serta bisa meningkatkan rangking Klaten di Porprov Jateng 2023 mendatang.

Sementara itu, Parwanto mendapatkan dukungan dari 36 cabang olahraga dari 42 cabang olahraga anggota KONI yang masih aktif. Musorkab dihadiri 40 cabang olahraga, hanya 2 pengurus cabor yang tidak datang yakni Perbasi dan Pergatsi.

‘’Alhamdulillah, Ketua Umum KONI Klaten periode 2019-2023 Parwanto kembali terpilih menjadi Ketua Umum KONI Klaten periode 2023-2027 secara aklamasi,’’ ujar Tarmuji yang bertindak selaku pimpinan sidang Musorkab.

Sebelumnya, seluruh peserta Musorkab menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban (LPJ) Ketua Umum KONI Klaten 2019-2023 secara aklamasi. Usai dilakukan pengesahkan PLJ, pengurus KONI 2019-2023 dinyatakan demisioner.

Kemudian, Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Klaten Suyanto menyampaikan hasil kerja tim. Hingga penutupan pendaftaran calon ketua KONI, hanya ada satu calon yang mendaftar yakni Parwanto.

‘’Hanya ada satu calon yang mendaftar yakni Bapak Parwanto yang mengantongi dukungan dari 36 cabor anggota KONI Klaten. Setelah dilakukan verfifikasi oleh tim penjaringan dan penyaringan, dia dinyatakan sudah melengkapi semau persyaratan,’’ ujar Suyanto.

Tak perlu waktu lama, Musorkab berhasil memilih ketua baru. Selanjutkan dilakukan penyerahan berita acara hasil Musorkab dari pimpinan sidang Tarmuji kepada Parwanto selaku Ketua Umum terpilih.

Musorkab juga menyepakati pembentukan tim Formatur yang terdiri atas Ketua terpilih Parwanto, Tarmuji dan perwakilan cabang olagraga yang ditunjuk yakni Ketua POSI Klaten Pandu Wirabangsa.

‘’Alhamulillah, pelaksanaan Musorkab berjalan dengan lancar. Saya mohon dukungan semua pihak agar bisa mengembang amanah dan kepercayaan menjadi Ketua KONI 2023-2027 dengan baik,’’ kata Parwanto.

Kadisbudporapar Klaten Sri Nugroho berharap KONI Klaten akan mampu melahirkan atlet berprestasi yang berjiwa Pancasila. Setelah Musorkab memilih ketua baru, maka KONI segera menyusun program kerja.

‘’Musorkab tidak hanya untuk kepentingan organisasi. Siapa pun yang terpilih agar dapat membawa KONI lebih baik, mencetak atlet berprestasi dan memajukan olahraga di Klaten,’’ ujar dia.(*)

mobile-navmobile-navmobile-navmobile-nav