609 Atlet Ikuti Kejuaraan Panahan Klaten Open I


KLATEN – Perpani Kabupaten Klaten menggelar Kejuaraan Panahan Klaten Open I Tahun 2023 di lapangan Panahan komplek KONI Klaten, di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten.

Sebanyak 609 atlet ambil bagian dalam kejuaraan yang akan berlangsung mulai Rabu (20/12/2023) sampai Minggu (24/12.2023). Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia.

Klaten Open I dibuka Ketua Umum KONI Klaten, Parwanto dengan dihadiri para pengurus Perpani Klaten, beberapa pengurus KONI dan segenap panitia.

Parwanto berharap kejuaraan Klaten Open dapat berjalan lancar dan sukses sesuai harapan. Menurutnya, event seperti ini memberikan kesempatan bagi atlet Klaten untuk mengukur hasil latihan yang telah dijalani.

”Kejuaraan seperti itu diharapkan bisa menelurkan atlet-atlet berbakat yang akan berprestasi di berbagai kejuaraan baik Tingkat provinsi, nasional maupun internasional,” kata dia.

Munawar, salah satu panitia mengatakan sebanyak 609 peserta yang ambil bagian dalam Klaten Open I. Mereka berasal dari 124 klub di berbagai kota di tanah air.

Hari pertama dipertandingan divisi nasional untuk usia di bawah 12 tahun (U12). Pelaksanaannya dibagi dua sesi, sesi pertama untuk atlet putri, dan kedua untuk atlet putra.

Setiap atlet diberikan kesempatan menembak sasaran dalam 6 rambahan, masing-masing 6 anak panah.

Sesi pagi dipertandingkan untuk atlet putri berlangsung hingga pukul 11.00 WIB, sedangkan sesi sore dipertandingkan untuk atlet putra mulai pukul 12.30 WIB hingga sore.

Terik matahari yang menyengat yang mengendurkan semangat atlet untuk bertanding mendapatkan skor terbaik. Mereka bersemangat meraih hasil terbaik.

”Khusus untuk U12, tidak ada babak eliminasi, semua atlet peserta langsung menembak sasaran untuk ditentukan skor terbaik sebagai pemenangnya,” ujar Munawar.

Untuk penilaian peserta, panitia dibantu atlet Klaten yang sedang tidak bertanding dan 10 orang siswa SMKN 3 Klaten yang sedang libur sekolah.

Untuk hari kedua akan dipertandingkan divisi nasional U15 dan hari ketiga dipertandingkan divisi nasional U21. Keduanya melalui babak eliminasi dan aduan.

Untuk hari keempat dipertandingkan divisi compound dan recurve untuk umum, sedangkan hari terakhir dipertandingkan divisi barebow untuk umum.(*)

 

mobile-navmobile-navmobile-navmobile-nav