KONI Klaten Seriusi Peningkatan Angka VO2Max Atletnya, Undang Gandung Darmoko


Klaten – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Klaten mulai berbenah mengenai rendahnya angka VO2Max pada 2 kali tes kebugaran para atletnya yang telah dilaksanakan pada Desember 2023 dan 26 Mei 2024 lalu. Dan, tes kebugaran selanjutnya akan diadakan pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Tak tanggung-tanggung, KONI Kabupaten Klaten mengundang Gandung Darmoko menjadi pelatih fisik bersama dengan seluruh pelatih cabang olahraga dibawah naungan KONI Klaten, yakni sebanyak 48 cabang olahraga. Selain itu, KONI Klaten juga menerapkan standar angka VO2Max yang lumayan tinggi.

“Setelah 2 kali kita lakukan tes kebugaran serta mengumpulkan pelatih cabang olahraga, ternyata diputuskan kita harus memiliki dan membutuhkan arahan dari pelatih khusus fisik. Agar, di tes kebugaran kedepan, harapannya akan ada peningkatan angka VO2Max baik secara rata-rata maupun secara setiap cabor-nya,” buka Ketua KONI Klaten, Parwanto.

Dalam arahan yang berlangsung 2 hari, yakni 14-15 September 2024, Gandung berpesan untuk memperhatikan pola-pola latihan yang saat ini digunakan oleh setiap pelatih di tiap cabang olahraga.

“Dalam hari pertama ini, kebanyakan adalah cluster dari beladiri, maka angkanya memang harus dengan standar yang bagus, bahkan prima. 2 point pentingnya adalah fokus pada Circuit Training Interval Trainning. Misalkan ada yang belum pas pola yang diberikan kepada atlet-nya, maka dapat segera diperbaiki. Kalaupun sudah, nanti dapat kita improve bersama,” tutup Gandung.

Turut hadir Dewan Kehormatan KONI Klaten Otto Saksono, Wakil Ketua Umum KONI Klaten Suyanto BA, Sekretaris Umum KONI Klaten Ir H Tarmudji MT, BINPRES KONI Klaten Drs Mursidi dan Wakil BINPRES KONI M Arya Damas M.Or.