PEXI dan Paralayang Audensi dengan KONI Klaten


Klaten – Cabang olahraga “catur cina” atau yang terkenal dengan Xiangqi dan Paralayang mengadakan audensi dengan KONI Klaten mengenai akan bergabungnya Xiangqi dan Paralayang di KONI Klaten pada 22 Agustus 2024 bertempat di Ruang Rapat KONI Klaten.

“Pada event KEJURPROV di Pati dan Semarang kita memperoleh prestasi meskipun belum juara 1 tapi potensi yang ada saya yakin akan memperoleh prestasi yang lebih bagus. Disamping itu para atlet muda juga berpotensi memperoleh medali. Terakhir kali kita memperoleh perak”, buka Agus selaku perwakilan dari Xiangqi sektor Juwiring

Xianqi juga dikenal sebagai Chinese Chess (Catur Cina) atau Catur Gajah. Sebagaimana namanya, permainan ini berasal dari Cina, yang mana memiliki mengandung nilai filosofi dalam permainannya. Saat ini terdapat tiga nomor pertandingan yaitu Putra, Putri, dan Campuran. Di Klaten sudah ada 5 klub yang berasal dari 5 kecamatan.

“Untuk paralayang saya terus didorong untuk mengembangkan olahraga Paralayang di Klaten. Karena sejatinya kita mempunyai 2 atlet yang sangat berpotensi dan dapat bersaing,” buka Handung Dwipayana S.Psi perwakilan dari Paralayang.

Paralayang merupakan olahraga ekstrem yang saat ini banyak diminati masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tempat-tempat pariwisata olahraga dirgantara paralayang di beberapa daerah Indonesia. Dalam olahraga paralayang, faktor angin merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan, karena faktor angin sangat menentukan kondisi take off, meluncur/terbang, dan
landing.

Untuk kelas yang dipertandingan yakni Ketepatan mendarat & cross country ( ada titik poin yang harus dilewati ) semisal melalui pos a ke b lalu ke c dan balik ke a lagi.

KONI Klaten menyambut baik 2 olahraga yang akan bergabung karena proyeksi kedepannya adalah PRA PORPROV 2025 dan PORPROV 2026.

“Untuk kelengkapan administratifnya segera diikuti arahan dari sekretariat serta dilaksanakan Musyawarah Kabupaten sesuai dengan AD/ART masing-masing cabang olahraga,” tutup Sekretaris Umum KONI Klaten, Tarmudji.

Turut hadir Dewan Kehormatan KONI Klaten Otto Saksono, Ketua Umum KONI Klaten H. Parwanto ST serta Sekretaris Umum KONI Klaten Ir. H. Tarmudji MT.