KONI Klaten Jajaki Kerja Sama Pengembangan Olahraga dengen UMKLA


KLATEN – KONI Kabupaten Klaten menjajaki kerja sama pengembangan keolahragaan dengan Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA). Untuk itu, KONI melakukan kunjungan ke kampus UMKLA.

Rombongan KONI terdiri atas Ketua Umum KONI Klaten Parwanto, Dewan Kehormatan KONI Otto Saksono, Sekretaris Umum KONI Tarmuji, Bendahara Heri Sudarsono dan Ketua Bidang Libang KONI Agung Widodo serta Humas KONI.

Mereka diterima Rektor UMKLA Sri Sat Titi Hamranani, S.Kep., NS, M.Kep, Wakil Rektor I Dr. Sutaryono, SKM., M.Kes, Wakil Rektor II Daryani, S.Kep., Ns., M.Kep dan Humas UMKLA di ruang pertemuan lantai 2 Kampus UMKLA, Senin (27/5/2024).

Rektor UMKLA menyambut baik maksud kedatangan KONI Kabupaten Klaten. Dia pun memaparkan kondisi UMKLA saat ini. UMKLA baru mempunyai 2 Fakultas dan dalam proses menambah 1 Fakultas lagi dengan penggabungan STAIM Klaten.

‘’UMKLA baru berumur 2 tahun dan telah terakreditasi sangat baik. UMKLA sebelumnya adalah Akper, kemudian menjadi Stikes Muhammadiyah dan menjadi UMKLA. Sekarang baru ada 2 fakultas, sedang dalam proses penyatuan STAIM,’’ ujar Sri Sat Titi Hamranani.

Wakil Rektor I Dr. Sutaryono menambahkan, di UMKLA mahasiswa juga aktif dalam berbagai kegiatan olahraga, bahkan tim futsal UMKLA berhasil meraih prestasi di kejuaraan nasional.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum KONI Klaten Parwanto mengatakan, bahwa dalam pembibitan atlet diperlukan orang-orang yang bergelut di bidang olahraga dan dukungan dari berbagai pihak.

‘’KONI membutuhkan peran serta berbagai pihak untuk meningkatkan prestasi olahraga dan meningkatkan kebugaran masyarakat. Peran UMKLA sangat diharapkan untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga dan memajukan olahraga di Klaten.,’’ tegas Parwanto.

KONI sangat berharap ada perguruan tinggi di Klaten yang menaruh perhatian di bidang keolahragaan. Saat ini, KONI sudah bekerja sama dengan beberapa sekolah untuk pengembangan cabang olahraga.

‘’Alhamdulillah, kami diterima dengan baik di UMKLA. Harapannya ke depan, UMKLA bisa membuka program studi ilmu keolahragaan untuk mendukung upaya peningkatan prestasi olahraga di Klaten,’’ ujar Parwanto.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Litbang KONI Klaten yang juga dosen UNIMUS Semarang, Agung Widodo memaparkan tentang rencana kerja sama pengembangan bidang keolahragaan antara KONI dengan UMKLA.

Ke depan diharapkan agar UMKLA bisa membuka program studi baru Ilmu Keolahragaan untuk menjawab tantangan masa depan dan mendukung peningatan prestasi olahraga di Klaten.

‘’Bila program studi ilmu keolahragaan bisa dibuka di UMKLA, diharapkan bisa menjawab tantangan dalam meningkatkan kualitas SDM yang bugar, berdaya saing unggul, dan berprestasi di Klaten,’’ ujar Agung.

Namun disadari, untuk membuka program studi baru membutuhkan proses yang panjang dan harus mendapatkan persetujuan dari Badan Pembina Harian UMKLA. Selain itu, prosesnya melibatkan banyak pihak.

Saat ini, baru tahap awal pengusulan. Bila nantinya disetujui, maka masih harus dimasukkan di rencana strategis UMKLA terlebih dahulu.(*)