KONI Klaten Gelar Rapat Pleno Evaluasi Tes Kebugaran


KLATEN – KONI Kabupaten Klaten kembali menggelar rapat pleno di ruang rapat Komplek Kantor KONI Klaten, Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten, Kamis 13 Juni 2024.

Rapat yang dipimpin Ketua Umum KONI Klaten Parwanto itu diadakan untuk melakukan evaluasi hasil tes kebugaran yang telah dilakukan pada Minggu, 26 Mei 2024 lalu.

Tes kebugaran diikuti 220 atlet dari 31 cabang olahraga, Sebagian cabor tidak mengirimkan atletnya karena sedang mengikuti kejuaraan.

”Kami melakukan evaluasi hasil tes kebugaran tahap II yang sudah dilakukan. Apakah ada peningkatan kondisi kebugaran atlet atau tidak. Hasilnya bisa menjadi acuan bagi pelatih untuk menentukan program latihan,” tegas Parwanto.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Klaten, Mursidi mengatakan, dari rekap hasil tes kebugaran ada peningkatan dalam pencapaian rata-rata pada tes ketahanan atau VO2max, tes keseimbangan, tes kecepatan dan tes kelincahan atau suttle tes.

Meski ada peningkatan, namun masih dijumpai atlet yang kondisi kebugarannya masih sangat kurang sehingga perlu program latihan intensif untuk meningkatkan kebugaran atlet.

‘’Kebugaran atlet sangat menentukan peluang meraih prestasi di Porprov 2026 mendatang. Jadi, atlet yang masih kurang bugar hendaknya menjalani program latihan untuk meningkatkan kebugarannya,’’ kata Pengurus KONI, Nurudin Priya Budi Santosa.

Ketua Dewan Kehormatan KONI, Otto Saksono menambahkan, KONI sangat serius dalam menggelar tes kebugaran untuk mengetahui tingkat kebugaran atlet agar bisa mencapai prestasi maksimal pada Porprov 2026.

Masing-masing cabang membutuhkan latihan yang berbeda, misalnya VO2max yang ideal untuk atlet sepak bola tentu berbeda dengan atlet beladiri atau panahan.

Untuk itu, Ketua Umum KONI meminta kepada semua pengurus KONI untuk aktif berkomunikasi dengan cabor yang didampingi.

‘’Ke depan masih ada dua kali lagi tes kebugaran tahun ini, yang rencananya akan diselenggarakan pada September dan Desember 2024. Diharapkan, tingkat kebugaran atlet akan semakin meningkat,’’ ujar dia.(*)