KONI Kabupaten Klaten Menggelar Tes Kebugaran Diikuti 220 Atlet


KLATEN – KONI Kabupaten Klaten menyelenggarakan tes kebugaran di komplek Kantor KONI Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Minggu 26 Mei 2024.

Tes kebugaran kedua dan yang pertama di tahun 2024 itu diikuti sekitar 220 atlet dari berbagai cabang olahraga. Tes kebugaran pertama telah digelar pada 17 Desember 2023 lalu.

‘’KONI Klaten menyelenggarakan tes kebugaran setelah sebelumnya, pengurus KONI melakukan monitoring dan evaluasi (monev) serta pendataan di 43 cabang olahraga anggota KONI Klaten,” kata Ketua Umum KONI Klaten, Parwanto.

Kegiatan itu sengaja digelar untuk mengetahui kondisi fisik atlet yang akan disiapkan untuk mengikuti Porprov 2026. Rencananya, tes kebugaran masih akan digelar untuk pemantauan kebugaran atlet.

”Langkah ini dilakukan KONI untuk mempersiapkan atlet dalam menghadapi Porprov 2026 mendatang. Kami ingin persiapan dilakukan secara matang, untuk mencapai prestasi terbaik,” tegas Parwanto.

Tes kebugaran dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan dilakukan secara bertahap agar tidak terjadi antrian panjang. Setiap tahap diikuti sekitar 75 atlet.

Para atlet yang datang langsung mendaftar pada petugas. Kemudian mereka mengikuti uji keseimbangan, tes kecepatan, kelincahan atau suttle tes dan tes daya tahan atau VO2Max.

”Tes kebugaran diikuti 220 atlet dari 31 cabang olahraga, ada beberapa cabor yang tidak mengirimkan atlet, ada pula yang atletnya sedang mengikuti kejuaraan,” kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Klaten, Mursidi.

Nantinya, rekap hasil tes kebugaran akan direkap untuk mengetahui tingkat kebugaran atlet. Kebugaran atlet bisa dilihat hasil VO2Max, apakah dia masuk kategori baik sekali, baik, sedang, kurang dan kurang sekali.

Rekap dilakukan petugas berdasarkan form blangko tes. Nantinya, hasil rekap akan dibahas dalam rapat pleno KONI sebelum disampaikan ke cabor yang bersangkutan.

Dari hasil tes kebugaran, pelatih akan bisa memprogramkan latihan yang tepat untuk meningkatkan kebugaran atletnya. Setiap cabor memang berbeda-beda penekanan latihannya sesuai kebutuhan.

”Ini tes kebugaran kedua, yang pertama diselenggarakan 17 Desember 2023. Rencananya, tes kebugaran ketiga akan digelar September dan keempat pada Desember 2024,” imbuh dia.

Dia menambahkan, rangkaian tes kebugaran diadakan untuk persiapan menghadapi Porprov 2026. Harapannya, tim bayangan sudah terbentuk pada Desember 2024 mendatang.