IKASI Klaten Gelar Kejuaraan Anggar Kadisbudporapar


KLATEN – Ikatan Anggaran Seluruh Indonesia (IKASI) Kabupaten Klaten menggelar Kejuaraan Anggar Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisbudporapar) Kabupaten Klaten.

Kejuaraan dibuka Sekretaris Disbudporapar Klaten Purwanto di Gedung Saroga Komplek Kantor KONI di Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Sabtu 17 Februari 2024.

Kegiatan itu diikuti puluhan peserta dari 7 sekolah SMP dan SMA se-Kabupaten Klaten, antara lain SMA Muhammadiyah 1 Klaten, SMA Negeri 3 Klaten, SMP Negeri 2 Cawas, SMP Negeri 1 Ngawen, SMP Negeri 1 Pedan, dan SMP Speak First.

Sekretaris Disbudporapar Klaten, Purwanto mengapresiasi penyelenggaraan Kejuaraan Anggar Tingkat pelajar yang baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Klaten.

Dia berharap agar kejuaraan itu bisa menelurkan atlet-atlet berbakat yang nantinya akan berprestasi di berbagai kejuaraan baik Tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

‘’Semoga kejuaraan anggar ini bisa mencetak atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama Klaten di berbagai kejuaraan,’’ ujar dia.

IKASI Klaten dibawah kepemimpinan Otto Saksono mempunyai tim yang solid, dengan pelatih Firman Raflesio, M. Arya Damas sebagai sekretaris dan Fauzan Anwari Humam sebagai Humas.

Selama ini, IKASI mensosialisasikan olahraga anggar ke sekolah-sekolah untuk memunculkan minat siswa berlatih anggar.

‘’Tim IKASI terus berupaya mengenalkan olahraga anggar ke sekolah-sekolah. Tim bekerja keras melakukan sosialisasi dan pengenalan, kemudian dilanjutkan dengan pembinaan dan pelatihan,’’ ujar Otto Saksono.

Upaya sosialisasi ini dinilai cukup berhasil, terbukti dengan digelarnya Kejuaraan Anggar Kaisbudporapar yang diikuti pada siswa SMP dan SMA di Klaten.

‘’Kejuaraan ini merupakan hasil dari sosialisasi ke sekolah-sekolah di Klaten, sehingga banyak siswa yang tertarik untuk menekuni anggar. Insya Allah kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan IKASI Klaten,’’ ujar Otto Saksono.(*)