Indonesia Drag Bike Championship ke-4 Digelar di Klaten


KLATEN – Indonesia Drag Bike Championship (IDC) Seri 4 kembali digelar, kali ini berlangsung di Jalan Pemuda Tengah, Kabupaten Klaten, Sabtu-Minggu 23-24 September 2023. Ratusan pembalap dari Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur ambil bagian.

Untuk penyelenggaraan drg bike, Jalan Pemuda Tengah ditutup selama dua hari. Pembukaan dilakukan Sekda Klaten Jajang Prihono, Sabtu (23/9/2023) dengan dihadiri KONI Klaten dan sejumlah pejabat terkait.

Event itu diharapkan bisa memicu pembalap muda untuk berprestasi. Tampak ribuan warga memadati jalan Pemuda Tengah untuk menyaksikan para pembalap beradu cepat di lintasan sepanjang 201 meter. Setelah bertahun-tahun tak ada drag bike di Klaten, warga terlihat antusias menyaksikan balapan.

Drag Bike yang digelar dalam rangka Hari Olahraga Nasional ke-44 Tahun 2023 itu mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Ketua Umum KONI Kabupaten Klaten, Parwanto.

”KONI support untuk event Dragbike Championship Seri 4, event ini ini menjadi ajang pencarian atlet-atlet berprestasi dan untuk menyalurkan hobi anak-anak muda yang suka aksi di jalanan, agar hobinya bisa disalurkan di ajang unjuk prestasi,” kata Parwanto.

Ketua Panitia Arif Bijaksana mengatakan, Indonesia Drag Championship seri ke-4 sebelum final series merupakan hasil kerja sama Arcade Creative dan Pemkab Klaten.

‘’Kejuaraan itu mempertandingan 3 kelas, yakni kelas utama, kelas pemula dan kelas wanita. Untuk wanita hanya diikuti 8 pembalap. Untuk kelas utama ada 300 starter, sedangkan untuk kelas pemula ada 200 starter, jadi total ada sekitar 500 starter,’’  ujar Arif Bijaksana.

Untuk kelas utama ada 6 kelas, yakni kelas sport 2T 155cc TU, kelas sport 2T 155cc standar, bebek 4T 200cc TU, kelas super FFA sd 350cc, kelas matic 4T 200cc TU, dan kelas bebek 4T 130cc TU.

Di kelas pemula dibagi menjadi 3 kelas yakni kelas sport 2T 155cc Std, kelas bebek 4T 155cc std, dan kelas matic 200cc.

Sedangkan kelas wanita terbagi dalam 4 kelas, yakni kelas matik 200cc, sporting class ada 10-13 kelas tentative, kelas 1 mid King, dan kelas poin wajib wearpack.

Kejuaraan itu menggandeng Erdeve Klaten sebagai pelaksana. Sepanjang pelaksanaan drag bike, aparat Polres Klaten melakukan pengamanan, karena banyak penonton yang maju mendekati area balap.

‘’Pada hari pertama dipertandingkan babak kualifikasi, kelas pemula, kelas wanita dan kelas utama. Hari ini, digelar putaran final, selesai Minggu sore dan langsung dilakukan penyerahan piala,’’ ujar Sigit Wiratama dari Erdeve Klaten.

Begitu selesai sekitar pukul 17.00 WIB, dlilanjutkan penyerahan piala kepada para pemenang di halaman kantor DKUKMP Klaten yang berada di sekitar lokasi panitia Drag Bike.(*)