KONI Klaten Gelar Sarasehan Memperingati Haornas ke-40


KLATEN – KONI Kabupaten menggelar sarasehan untuk memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 di Gedung Saroga KONI Klaten, Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten, Minggu (10/9/2023) malam.

Acara dibuka Sekretaris Disbudporapar Klaten Purwanto dengan dihadiri para pengurus KONI, ketua cabang olahraga, pelatih, perwakilan atlet Porprov, Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) dan tamu undangan.

Dalam acara itu, Purwanto membacakan sambutan Bupati Klaten. Bupati mengajak seluruh pegiat olahraga di Kabupaten Klaten untuk terus berupaya memajukan dunia olahraga dan meraih prestasi.

‘’Pemkab Klaten akan terus mendukung upaya memajukan olahraga. Diharapkan ke depan akan lahir atlet-atlet berprestasi hingga ke level nasional dan mengharumkan nama Klaten,’’ ujar dia.

Ketua Umum KONI Klaten Parwanto mengatakan, apa yang sudah diraih pada Porprov 2023 di Pati Raya, akan menjadi bahan evaluasi dalam pembinaan cabang olahraga ke depan dan persiapan menghadapi Porprov 2026.

‘’Klaten meraih 13 emas di Porprov 2023, sebagian disumbangkan cabor baru. Awalnya target 20 emas, namun belum berangkat Klaten sudah kehilangan 7 medali emas,’’ kata H. Parwanto, ST.

Atlet renang andalan Klaten Cahya Erinjaya yang ditarget meraih 3 emas, tak bisa memperkuat kontingen Klaten karena menjalani pendidikan di Akpol.

Atlet pencak silat Khoirudin Mustakin yang ditarget 1 emas juga tak bisa bertanding karena diterima di kepolisian.

Sedangkan atlet panahan Alvianto Bagas Prastyadi yang ditarget 3 emas, juga tak bisa bertanding karena sedang mengikuti Pelatnas di Korea.

Beberapa cabor yang semula diandalkan meraih medali tidak berhasil, namun ada cabor yang tidak ditarget justru menyumbang emas.

‘’Selamat untuk yang dapat medali, tetap semangat bagi yang belum. Kita sambut Porprov 2026 dengan persiapan yang lebih matang,’’ tegas dia.

Dalam kesempatan itu, Tonang Juniarta memaparkan Sejarah Haornas dimulai dari penyelenggaraan PON pertama di Solo pasca Indonesia gagal mengikuti Olimpiade karena belum banyak negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya, sarasehan menampilkan pembicara Ketua Bidang Binpres KONI Klaten Dr. Nurudin Priya Santosa M.Or.dan Ketua Dewan Penasehat KONI H. Otto Saksono, ST.

Sejumlah perwakilan cabor pun diberikan kesempatan untuk bertanya atau menyampaikan usulan yang dinilai bisa memajukan olahraga di Klaten.(*)