KONI Klaten Gelar Tes Kebugaran Bagi Atlet Yang Lolos Porprov 2023


KLATEN – KONI Kabupaten Klaten mengadakan tes kebugaran yang diselenggarakan di komplek KONI Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten, Sabtu (18/3/2023).

Sebanyak 176 atlet Klaten yang sudah mengantongi tiket ke Porprov 2023 di Pati Raya, ambil bagian dalam tes kebugaran dengan didampingi pelatih masing-masing cabang olahraga.

Peserta berasal dari 33 cabang olahraga yang sudah memastikan atletnya lolos dalam seleksi Pra Porprov 2022 dan mendapat kuota pengiriman atlet dari KONI Jawa Tengah.

Kegiatan itu dihadiri Ketua Umum KONI Klaten, Parwanto, Ketua Dewan Penasehat KONI Klaten Otto Saksono, serta sejumlah pengurus KONI Klaten yang memantau jalannya kegiatan.

‘’Tes kebugaran ini sengaja digelar sebelum datangnya bulan suci Ramadhan. Ini tes yang pertama digelar tahun 2023 ini, tujuannya untuk mengetahui kebugaran atlet yang akan dikirim ke Porprov 2023,’’ kata Parwanto.

Pelaksanaan tes kebugaran dikomandoi Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga KONI Klaten. Mereka menerjunkan tim yang berjumlah 27 orang, terbagi dalam 5 materi tes kebugaran.

Menurut Ketua Bidang Binpres KONI Klaten Mursidi, materi tes kebugaran terbagi dalam 5 tes, dimulai dari pengukuran tinggi badan dan berat badan, kemudian tes kekuatan otot perut dan lengan dengan push up dan sit up.

Kemudian, peserta mengikuti pengukuran ketinggian lompatan atau vertical jump, pengukuran kelincahan atau shuttle run, pengukuran kecepatan lari 30 meter dan tes ketahanan atau  VO2Max.

‘’Hari ini, ada 5 materi tes kebugaran, diawali dengan pengukuran tinggi dan berat badan, push up dan sit up, vertical jump, shuttle run, lari 30 meter dan VO2Max,’’ kata Mursidi.

Dalam kesempatan itu, Parwanto mengatakan, tes kebugaran kali ini baru merupakan tes pertama. Nantinya, KONI berencana menggelar tes kebugaran berikutnya menjelang keberangkatan ke Poprov 2023 di Pati Raya.

”Tes kebugaran ini untuk memastikan bahwa atlet yang dikirimkan mengikuti Porprov di Pati Raya benar-benar dalam kondisi bugar dan siap tanding,” ujar Parwanto.