Pordasi Klaten Seleksi Atlet Nomor Jumping

Ketua Umum KONI Klaten Parwanto mengalungkan medali kepada atlet berkuda Pordasi Klaten yang lolos seleksi khusus nomor jumping.


KLATEN – Menjelang pelaksanaan Porprov 2023 di Pati Raya, Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Klaten mengadakan seleksi internal untuk pemilihan atlet khususnya nomor equestrian atau jumping.

Seleksi dibuka Ketua Umum KONI Klaten Parwanto dengan dihadiri Sekretaris Umum KONI Klaten Tarmuji di de Christo Equine Park di Srago, Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Selasa (17/1/2023).

Parwanto menyaksikan seleksi yang diikuti 4 stable di Klaten itu  hingga diumumkan 6 atlet dengan skor terbaik. Total ada 13 atlet yang mengikuti seleksi nomor jumping 90 cm dan 100 cm.

“Saya berharap seleksi ini bisa memilih atlet-atlet berkuda terbaik Klaten, yang akan maju ke Porporv 2023. Saya ingin, Pordasi menyumbangkan medali emas untuk kontingen Klaten pada Porprov 2023 di Pari Raya September 2023 mendatang,” ujar Parwanto.

Ketua Pordasi Klaten, drh Agung Dwi Riyanto mengatakan, seleksi diikuti 13 atlet dari 4 klub berkuda di Klaten, yakni DHL Stable, Kampus Kuda Klaten, Kusuma Stable dan de Christo Equine Park. Dari 13 peserta seleksi, hanya dipilih 6 atlet terbaik khusus nomor equestrian atau nomor jumping.

“Agar pemilihan atlet yang akan dikirim ke Porprov 2023 berlangsung fair, kami mendatangkan juri khusus dari Surabaya. Setiap peserta melalui 9 rintangan jumpung dalam dua putaran,” kata Agung Dwi Riyanto di sela-sela seleksi.

Penilaiannya dilakukan berdasarkan kesuksesan melewati rintingan dan kecepatan waktu. Setiap gagal melompat, atau menjatuhkan palang, maka atlet akan mendapat nilai minus 4, sedangkan atlet yang tidak menjatuhan palang dan sukses melewati semua rintangan nilainya nol.

“Faktor kecepatan dipertimbangan bila ada atlet yang mendapat skor sama. Seleksi kali ini khusus nomor equestrian 90 cm dan 100 cm. Nanti juga akan ada seleksi nomor equestrian 110 cm, dressage atau tunggang serasi, dan horse back archery, rencananya dalam waktu dekat,” ujar Agung Dwi Riyanto.

Dia menambahkan, dari 6 atlet yang lolos seleksi kali ini, nantinya akan diseleksi lagi dan dipilih 4 atlet terbaik yang akan maju ke Porprov, sedangkan 2 atlet lainnya menjadi cadangan. Semua atlet akan menjalani pelatihan intensif agar bisa meraih prestasi puncak di Porprov 2023.

Usai seleksi, nama-nama pemenang diumumkan oleh Agung Dwi Riyanto dan pemenang mendapatkan pengalungan medali oleh Ketua Umum KONI Klaten Parwanto dan Sekretatis KONI Klaten Tarmuji.