KONI Klaten Menggelar Tes Kebugaran Bagi Atlet Porprov


KLATEN – KONI Kabupaten Klaten mengadakan tes kebugaran bagi atlet yang telah lolos seleksi Pra Porprov. Tes kebugaran diselenggarakan di Komplek Kantor KONI Klaten, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Sabtu (24/12/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan Bidang Pembinaan Prestasi KONI Klaten itu diikuti sekitar 200 atlet dari 32 cabang olahraga anggota KONI Klaten.  Tes kebugaran tersebut diselenggarakan untuk mengetahui kondisi kebugaran atlet yang akan menghadapi Porprov 2022.

‘’KONI Kabupaten Klaten mengadakan tes kebugaran bagi para atlet yang sudah lolos seleksi Pra Porprov. Jumlah pesertanya sekitar 200 atlet dari 32 cabang olahraga,’’ kata Ketua Umum KONI Klaten, Parwanto sambil memantau pelaaksanaan tes kebugaran.

Dia menambahkan, tes kebugaran diikuti atlet dari 32 cabang olahraga yang lolos seleksi Pra Porprov, dari 42 cabor yang ada di bawah KONI Klaten. Meski demikian, ada sejumlah atlet yang berhalangan hadir karena sedang mengikuti kegiatan/kejuaraan di luar kota.

‘’Dari 42 cabor anggota KONI Klaten, ada 32 cabor yang berhasil meloloskan atletnya untuk mengikuti Porprov 2023 di Pati Raya. Ada 1 cabir yang tidak dipertandingkan di Porprov. Rencananya Porprov akan diselenggarakan di 6 kota yakni Pati, Rembang, Blora, Kudus, Jepara dan Grobogan pada September 2023 mendatang,’’ ujar Parwanto.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Klaten, Mursidi menambahkan, tes kebugaran diselenggarakan hanya untuk atlet Klaten yang sudah lolos seleksi Pra Proprov. Tes yang dilakukan meliputi 6 poin, yakni penimbangan dan pengukuran tinggi badan untuk mengetahui kondisi ideal tubuh atlet, tes kekuatan otot lengan dan perut, tes kekuataan otot tungkai, tes kecepatan, tes kelincahan dan VO2max.

Semua cabang olahraga diminta mengirimkan atletnya yang telah lolos seleksi Pra Porprov didampingi pelatihnya, untuk mengikuti tes kebugaran. Semua hasil tes dicatat oleh petugas, agar bisa memantaau kondisi kebugaran masing-masing atlet. Seluruh pengurus KONI bertindak sebagai panitia kegiatan.

Tes kebugaran yang dimulai pukul 07.00 WIB di lapangan panahan dan gedung Saroga dengan dipandu para petugas. Tes kebugaran berjalan lancar dan selesai sekitar pukul 12.00 WIB. Usai menjalani kegiatan, para atlet mendapat arahan dan motivasi dari Sekretaris Umum KONI Klaten Tarmuji didampingi dua pengurus KONI Sukoyo dan Ali Murtolo.(MR)