KONI Gelar Pelatihan Penulisan Berita Olahraga Bagi Cabor

Tim Media KONI Klaten memberikan pelatihan penulisan berita kepada perwakilan cabang olahraga.

KLATEN – KONI Kabupaten Klaten menggelar pelatihan penulisan berita untuk pengisian website resmi KONI Klaten koniklaten.or.id yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Pelatihan pengenalan penulisan berita itu diikuti peserta dari 40 cabang olahraga. Masing-masing cabang olahraga mengirimkan waktilnya akan nantinya akan ditugaskan untuk merilis kegiatan cabor.

Pelatihan tersebut berlangsung di ruang rapat KONI Klaten, Jumat (13/1/22) malam. Acara dipandu Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran Agung Widodo S.Pd, M.Or, dan Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Tonang Juniarta S.Pd.Kor, M.Or,

Sedangkan narasumber perngisian data adalah Ketua Bidang Data Handoko Saputro SPd, sedangkan Ketua Bidang Media dan Humas Merawati Sunantri menjelaskan cara penulisan berita olahraga.

‘’Dalam waktu dekat, KONI Klaten akan meluncurkan website resmi koniklaten.or.id, rencananya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) 22 Januari 2022 mendatang,’’ kata Agung Widodo.

Nantinya website itu akan berisikan data semua cabang olahraga baik, atlet, pelatih, wasit dan pengurus cabang olahraga anggota KONI Klaten. Saat ini, ada 40 cabang olahraga yang terdaftar di KONI Klaten.

Tonang Juniarta menambahkan, website KONI akan berisi semua informasi keolahragaan di Klaten, mulai dari kegiatan olahraga seperti kejuaraan, prestasi atlet serta semua aktivitas organisasi KONI dan cabor.

‘’Untuk pengisiannya, dibutuhkan peran aktif dari masing-masing cabang olahraga, sehingga KONI meminta cabor untuk menunjuk satu orang yang bisa ditugasi untuk mendukung website KONI,’’ kata Tonang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Data Handoko Saputro menjelaskan tentang pengisian data yang diperlukan dalam pengisian website, termasuk data diri atlet, pelatih, wasit dan pengurus cabor.

‘’Semua cabor diminta untuk mengisi form yang sudah disediakan, nanti setelah diisi segera diserahkan ke tim data agar bisa segera diuplot di website KONI. Data harus lengkap dengan foto,’’ katanya.

Sementara itu, Merawati Sunantri menjelaskan panjang lebar tentang cara penulisan berita di media online. Pada dasarnya semua kegiatan bisa ditulis dengan bahasa yang menarik, namun memang perlu latihan.

‘’Sebenarnya menulis berita tidak sulit, hanya perlu latihan dan pembiasaan saja. Yang terpenting, pahami hal-hal yang diperlukan untuk mendukung berita supaya menarik dan enak dibaca,’’ ujar dia.(*)