KONI Klaten Akan Tentukan Klasifikasi Cabor Unggulan


KLATEN – KONI Kabupaten Klaten akan membuat klasifikasi untuk menentukan cabang olahraga (cabor) unggulan yang berpeluang besar untuk bisa meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah Tahun 2023 mendatang.

Penentukan cabang olahraga unggulan rencananya akan dilakukan bersamaan dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang akan diselenggarakan di Gedung Saroga KONI, pada 22 Januari 2022 mendatang.

‘’Direncanakan RAT KONI Klaten akan diselenggaran pada 22 Januari 2022. Dalam RAT, KONI akan melakukan evaluasi aktifitas kegiatan cabang olahraga selama pandemi dengan latihan mandiri,’’ kata Sekretaaris Umum KONI Klaten, It H Tarmuji MT.

Dalam RAT tersebut juga akan dibahas banyak hal terkait pembinaan olahraga di Klaten untuk persiapan menghadapi Pra Porprov. KONI juga akan memprediksi perolehan medali berdasarkan peta kekuatan di Jawa Tengah.

‘’Kami akan membahas prediksi perolehan medali di Porprov 2023 dengan tahapan lolos seleksi Pra Porprov dulu yang akan digelar tahun 2022 ini. Semua cabor yang diyakini lolos ke Porprov akan di monev secara intensif,’’ kata Tarmuji.

Untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) di setiap cabang olahraga, KONI membentuk tim monev dan sudah menyiapkan form untuk pendataan kesiapan masing-masing cabang olahraga dalam menghadapi Porprov.

Dia berharap, adanya cabor unggulan yang dipastikan bisa meraih medali Porprov. Untuk itu, dalam RAT juga akan dibuat klasifikasi berdasarkan peta kekuatan dan peluang meraih medali untuk setiap cabor.

‘’Kami akan menentukan cabor unggulan 1, cabor unggulan 2 dan cabor unggulan 3 berdasarkan peluang meraih medali pada Porprov 2023. Namun, hal ini bersifat dinamis dengan pantauan dari tim monev,’’ tegas Tarmuji.

Nantinya, tim monev akan memberikan laporan secara berkala ke KONI Klaten. Kemudian akan dilakukan evaluasi bersama dengan berbagai macam indicator. Diharapkan semakin banyak cabor unggulan yang berpotensi meraih medali.(*)